Rabu, 10 Oktober 2012


PENGENALAN PERALATAN PRAKTIKUM

LANDASAN TEORI
           
            Percobaan mikrobiologi merupakan suatu percobaan yangberhubungan langsung dengan mikroorganisme yang akan selaludijumpai dan tidak menutup kemungkinan berada dalam tubuhmanusia. Karenanya diperlukan penanganan yang tidak hanya benar, tetapi juga sesuai prosedur yang ada, sehingga dapat memperkecil kemungkinan masuknya mikroba pada tubuh praktikan. Untuk dapat melakukan dengan penanganan yang tepat, masing – masing praktikan harus mengenal dan mengetahui alat – alat beserta fungsi dan prinsip kerja setiap alat dalam laboratorium. (Pollack, 2002).
Jenis peralatan utama yang diperlukan untuk melaksanakan kegiatan praktikum sangat spesifik, tergantung dari jenis praktikumnya.  Untuk kegiatan praktikum Mikrobiologi Perikanan, peralatan utama yang perlu dipelajari adalah mikroskop, autoklaf, inkubator, colony counter, hot plate stirrer, lemari pendingin dan peralatan inokulasi mikroba. Untuk itu praktikan diharapkan dapat mrmahami dan memiliki kemampuan dalam mengoperasikan perlatan praktikum.
Peralatan utama yang digunakan dalam kegiatan praktikum mikrobiologi perairan terdiri dari peralatan yang berkaitan dengan inokulasi mikroba dan sterilisasi. Adapun prinsip kerja dan kegunaan peralatan tersebut adalah sebagai berikut :
a.    Mikroskop adalah alat untuk memperbesar penampakan objek sehingga mempermudah melakukan pengamatan. Bagian lensa pada mikroskop, diantaranya Lensa obyektif berfungsi guna pembentukan bayangan pertama dan menentukan struktur serta bagian renik yang akan terlihat pada bayangan akhir serta berkemampuan untuk memperbesar bayangan obyek sehingga dapat memiliki nilai "apertura" yaitu suatu ukuran daya pisah suatu lensa obyektif yang akan menentukan daya pisah spesimen, sehingga mampu menunjukkan struktur renik yang berdekatan sebagai dua benda yang terpisah.
Lensa okuler, adalah lensa mikroskop yang terdapat di bagian ujung atas tabung berdekatan dengan mata pengamat, dan berfungsi untuk memperbesar bayangan yang dihasilkan oleh lensa obyektif berkisar antara 4 hingga 25 kali.
Lensa kondensor, adalah lensa yang berfungsi guna mendukung terciptanya pencahayaan pada obyek yang akan dilihat sehingga dengan pengaturan yang tepat maka akan diperoleh daya pisah maksimal.
b.    Colony counter adalah peralatan yang dilengkapi dengan kuadran perhitungan, lampu dan kaca pembesar untuk mempermudah perhitungan koloni bakteri atau jamur yang tumbuh setelah diinkubasi di dalam cawan karena adanya kaca pembesar. Selain itu alat tersebut dilengkapi dengan skala/ kuadran yang sangat berguna untuk pengamatan pertumbuhan koloni sangat banyak.

c.    Inkubator adalah peralatan yang dilengkapi dengan sistem untuk mempertahankan suhu dan kelembaban selama masa inkubasi sehingga mikroba dapat tumbuh secara baik.


d.    Hot plate stirrer adalah alat yang dilengkapi fasilitas pengaduk dan pemanas sehingga dapat digunakan untuk membantu pengadukan agar suspensi tidak mengendap dan pendistribusian mikroba dalam media kaldu atau media fermentasi, baik pada suhu kamar maupun suhu yang lebih tinggi.

e.    Electric shaker adalah alat yang digunakan untuk mengaduk atau mencampur suatu larutan dengan larutan yang lain sehingga bersifat homogen dengan gerakan satu arah. Prinsip kerja shaker adalah motor berputar untuk menggerakkan tuas, dan tuas tersebut dihubungkan dengan poros yang terhubung dengan sebuah plat. Ketika motor berputar, secara otomatis mekanik shaker  bisa langsung menggerakkan plat tersebut dengan gerakan jungkat-jungkit. Dapat digunakan untuk membantu pengadukan dlarutan dan pendistribusian mikroba dalam media kultur atau media fermentasi.

f.     Lemari Pendingin adalah lemari yang dilengkapi sistem penurunan suhu sehingga dapat digunakan untuk mengendalikan aktivitas dan pertumbuhan mikroba dalam media kultur.

g.    Oven adalah alat yang digunakan untuk sterilisasi alat-alat yang tahan terhadap panas tinggi misalnya cawan petri, tabung reaksi, labu erlenmeyer, dan lain-lain. alat ini umumnya dilengkapi termometer. prinsip kerjanya yaitu mensterilkan dengan bantuan panas dari pijaran api atau listrik.

h.    Otoklaf adalah alat yang berfungsi untuk sterilisasi dengan uap panas bertekanan. alat ini terdiri dari bejana tekanan tinggi yang dilengkapi manometer dan klep bahaya. otoklaf dipakai untuk sterilisasi medium atau larutan atau alat-alat yang tidak tahan suhu tinggi. prinsip kerjanya yaitu mensterilkan dengan bantuan uap. otoklaf dapat digunakan untuk melakukan sterilisasi basah, baik peralatan maupun media kultur.

i.      Peralatan untuk memudahkan proses inokulasi , isolasi maupun transfer mikroba. Peralatan ini terdiri dari:
1.      Jarum Ose adalah alat berupa kawat baja berujung tajam atau membulat yang digunakan untuk mengambil mikroba yang diinkubasi, diisolasi atau di transfer ke media kultur lain. Prinsip kerjanya Jarum Ose disentuhkan pada bagian mikroba kemudian menggosokkan pada kaca preparat untuk diamati.
2.      Lampu spiritus adalah lampu berbahan bakar spiritus yang digunakan untuk sterilisasi panas dan mempertahankan sterilisasi ruang inokulasi, isolasi dan transfer mikroba.
3.      Tabung Reaksi adalah tabung berbahan gelas atau plastik yang digunakan sebagai wadah media kultur berupa agar tegak dan agar miring.
4.      Cawan petri (petri disk) adalah cawan berbahan gelas atau plastik yang digunakan sebagai wadah media kultur dalam bentuk lempeng agar.
5.      Pipet tetes adalah pipet yang memiliki alat penghisap berbahan karet dan digunakan untuk memindahkan cairan dalam jumlah kecil
6.      Pipet hisap adalah pipet yang bekerja dengan cara dihisap sehingga cairan akan memasuki pipet sebanyak yang diinginkan. Pipet hisap digunakan untuk memindahkan cairan dalam jumlah relatif banyak.
7.      Balon pipet adalah bola terbuat dari bahan karet yang dipasang di bagian pangkal pipet hisap. Balon pipet digunakan untuk menghisap cairan yang akan dipindahkan ke media lainnya menggunakan pipet hisap.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Total Tayangan Laman

Join In Facebook

Diberdayakan oleh Blogger.

Follow by Email

Translate

Followers

Copyright © Aried Pirates